Kabar Ngawi

Air Terjun Teleng, Madakaripuranya Ngawi

Air Terjun Teleng. Salah satu dari ketujuh destinasi wisata yang disuguhkan oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Ngrayudan. Pokdarwis Desa Ngrayudan memang tengah merintis Ngrayudan sebagai Desa wisata meski Dispariyapura Kab.Ngawi sempat merencanakan Desa lain untuk dijadikan Desa wisata.

Berbekal semangat dan bekerja keras Pokdarwis Desa Ngrayudan yang juga didukung oleh Kepala Desa setempat, sedikit demi sedikit membangun fasilitas yang memenuhi syarat agar Desa tersebut layak disebut sebagai Desa Wisata. Sebuah destinasi pariwisata harus memenuhi ketujuh Sapta Pesona yaitu aman,tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan bisa menjadi kenangan.

Perjalanan saya menuju air terjun Teleng dimulai dari titik nol, kolam renang Ngrayudan. Hingga finish (Air Terjun Teleng) yang jaraknya kurang lebih 1,5 km dari kolam renang dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

[quote]

“Masih dalam proses perbaikan akses menuju Teleng, mohon do’a supaya cepet deal,” ujar Zainul Thohar, salah satu anggota Pokdarwis Desa Ngrayudan.

[/quote]

Satu tahun lalu saya sudah berhasil mencapai Air Terjun Teleng, dan memang masih harus membuka jalan sendiri menuju Teleng. Kali ini saya beserta rombongan (Anis, Fymma, Fyrra) kembali melakukan perjalanan yang sama. Saya pribadi merasakan sudah ada perubahan akes jalan menuju Air Terjun Teleng, berbeda dengan setahun lalu saat saya dan rombongan lain masih harus membuka jalan yang sebagian tertutupi oleh ilalang.

Baca Juga :   Festival Gravitasi Bumi #3 Suguhkan Berbagai Seni Budaya yang Unik dan Menarik

Saat ini Pokdarwis Ngrayudan mengusahakan membuka jalan menuju Air Terjun Teleng meski belum sampai finish perbaikannya dan kami masih harus membuka jalan di beberapa titik yang lebat ditumbuhi ilalang. Berangkat dari titik nol pukul 09.45 WIB dan berhasil mencapai finish pukul 10.45 WIB, itu artinya perjalanan kami tepat satu jam.

Air Terjun Teleng, Madakaripuranya Ngawi. Madakaripura mini ala Ngawi kalau kata saya, memang tidak sederas Air Terjun Srambang tapi ada daya tarik tersendiri dari Air Terjun Teleng, yakni tebing yang mengelilinginya dan pancuran air yang tidak hanya satu, kalau tidak salah hitung ada sekitar enam. Mirip Madakaripura, air terjun di Probolinggo yang banyak diminati wisatawan karena keindahan tebingnya.

Akses yang bisa dibilang tidak gampang dan mungkin sedikit berbahaya, karena kita bisa saja tersesat dan terpeleset ke jurang, namun itu semua terbayar lunas dengan pemandangan Air Terjun Teleng yang mempesona. Ini mungkin salah satu alasan Pokdarwis Desa Ngrayudan menamainya “The Hidden Paradise of Java”.

Baca Juga :   Berpetualang di KampoengWisata Ngrayudan

Kontributor : Friliya Aika
Foto : Air Terjun Teleng oleh Friliya Aika
Editor : KampoengNgawi

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + fifteen =

Back to top button
Close