Seni Budaya

Batik Khas Ngawi

Banyak sekali kota, kabupaten, daerah yang memiliki batik khas, ke khasan ini biasanya terlihat pada motif, corak, dan bahkan warna yang sering digunakan oleh masing – masing daerah untuk membuat menjadi sebuah hal khusus.

Batik merupakan salah satu warisan dari kebudayaan asli Indonesia Dewasa ini. Pemerintah baru-baru ini giat mengkampanyekan memakai pakaian batik sebagai identitas nasional. Salah satu industri rumah tangga yang sedang berkembang di dua Kecamatan yaitu di Desa Munggut Kecamatan Padas dan Desa Banyu Biru kecamatan Ngrambe.Batik motif Ngawi ini dibuat dengan teknologi batik tulis.

Dengan mengusung ciri khas Ngawi, yaitu padi, bambu dan manusia purba (palu purba), kain ini didesain dengan sangat teliti. Efek rentesan pada setiap konturnya membuat proses batik tulis ini cukup lama. Oleh karena itu kain batik tulis ini dijual dengan harga yang pantas .

Sudah menjadi kewajiban kita juga untuk terus melestarikan budaya ini demi kelangsungannya dan warisan untuk generasi penerus kita nantinya.

Baca Juga :   15 Destinasi Wisata Air Pilihan di Kabupaten Ngawi
Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 11 =

Back to top button
Close