Tim Relawan Muhammadiyah Ngawi Bantu Korban Banjir Pacitan

Tim Relawan Muhammadiyah Ngawi Kirimkan Relawan dan Bantuan ke Lokasi Bencana Pacitan. Foto. Dok. MDMC Ngawi

PACITAN – Fenomena banjir dan longsor terjadi sebagai dampak Siklon Tropis yang terjadi di pesisir selatan Jawa, sebagaimana peringatan dini yang sudah disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak Senin (27/11), mulai dari Yogyakarta, Jawa Tengah, termasuk pesisir selatan Jatim di Pacitan.

Sedikitnya ada beberapa desa di 4 kecamatan di Kabupaten Pacitan mengalami banjir dengan ketinggian beragam. Hujan deras yang terjadi sejak Senin (27/11/2017) di Pacitan mengakibatkan banjir di beberapa desa yang masuk wilayah Kecamatan Kebonagung, Kecamatan Pacitan, Kecamatan Arjosari, dan Kecamatan Ngadirojo.

Tim Relawan Muhammadiyah Ngawi Bantu Korban Banjir Pacitan. Ada tiga tim yang telah diluncurkan untuk memberikan respon cepat terkait bencana yang terjadi di Pacitan ini. Tim gabungan yang terdiri dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Ngawi, Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shodaqqoh Muhammadiyah (Lazismu) Ngawi, serta Pemuda Muhammadiyah Ngawi diterjunkan ke lokasi.

Seperti data yang diterima redaksi, Tim 1 berangkat pada hari Rabu (29/11/2017) menuju Pacitan melewati jalur Wonogiri. Tim dari MDMC Ngawi yang terdiri dari Sidik, Amin, Purwoko, Dul, dan Age ini membawa makanan instan siap saji, minyak goreng, kebutuhan sembako lainnya, dan pakaian pantas pakai. Tim melakukan pendistribusian bantuan dan bergabung bersama tim Search and Rescue untuk melakukan evakuasi korban serta membersihkan sisa – sisa lumpur banjir.

Tim kedua yang terdiri dari Pemuda Muhammadiyah berangkat pada hari Kamis (30/11/2017), pukul 16.30 melalui jalur ponorogo. Dengan membawa bantuan seperti sembako, selimut, serta perlengkapan bayi, tim menyerahkan bantuan ke posko setempat dan bergabung dengan relawan lain untuk berkoordinasi. Tim kedua ini terdiri dari Widodo, Eko, Syaiful, dan tenaga medis Arya Kusuma Aji.

Pembuatan Dapur umum, pembersihan Pembina Kesejahteraan Umat (PKU) serta penyerahan bantuan kepada korban yang terdampak longsor dilakukan pada hari Jumat (01/12/2017) oleh tim 3 yang terdiri dari Rizqon, Irfan, Andi, dan Agus Widi.

Para relawan menyampaikan bahwa sembako, obat-obatan, serta donasi uang telah disampaikan kepada korban bencana. Sementara dilaporkan oleh tim di lokasi Jumat (01/12/2017) bahwa stok di posko sudah menipis dengan kebutuhan mendesak berupa beras, makanan instan siap saji, minyak, makanan bayi, serta obat-obatan. (alfa/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com