Tol Ngawi-Sragen Telah Diresmikan Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo Meresmikan Tol Ngawi-Sragen, Rabu (28/11/2018). Foto-Istimewa

NGAWI — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan jalan tol Ngawi-Sragen yang merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur tol Solo-Ngawi, Rabu (28/11/2018) di Rest Area KM 538, Ngrampal, Sragen.

Jalur sepanjang sepanjang 50,9 kilometer tersebut akan digratiskan (tarif Rp. 0) selama seminggu setelah diresmikan. Menurut PT. Jasamarga Solo Ngawi, pemberlakuan tarif Rp 0 tersebut dimulai pada hari ini pukul 22.00. Sebagai bentuk sosialisasi tarif dan golongan kendaraan sebagaimana diamanatkan dalam Diktum Kelima Kepmen PUPR Nomor: 897/KPTS/M/2018, pemberlakuan akan dilaksanakan selama 1 (satu) minggu.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap dengan selesainya Jalan Tol Jakarta-Surabaya ini para kepala daerah mengintegrasikan tol ini dengan kawasan wisata agar semakin ramai. Ia mengharapkan infrastruktur jalan tol itu tidak berdiri sendiri tapi diintegrasikan sehingga pemanfaatannya optimal. Jokowi senang di rest area tol ada berbagai macam kuliner lokal.

“Saya senang pagi ini saya lihat ada soto kuali, lontong opor, soto Madura, roti ganep, dan lainnya. Kita ingin ‘rest area’ dipenuhi oleh produk lokal, jangan sampai dipenuhi ‘brand'(merk) asing dan lokal hanya jadi penonton,” katanya.

Peresmian tol Ngawi-Sragen ini juga dihadiri oleh Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, pejabat PT Jasa Marga, dan terlihat pula Bupati Ngawi beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah kabupaten Ngawi.

Adapun tarif tol Ngawi-Sragen yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR bernomor: 897/KPTS/M/2018 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi, tarif untuk Golongan I adalah sebesar Rp 1.000/km, Rp 1.500/km untuk kendaraan Golongan II dan III, serta Rp 2.000/km untuk kendaraan Golongan IV dan V.

Tol Ngawi-Sragen Telah Diresmikan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, pada tahap pertama telah diresmikan dan dioperasikan segmen Simpang Susun Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km sejak 30 Maret 2018 bersamaan dengan pengoperasian Jalan Tol Ngawi-Wilangan. Sedangkan pengoperasian tahap ke-2 adalah segmen Kartasura-Sragen yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 15 Juli 2018. (kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com