Pendidikan

Inilah Jadwal PPDB Jatim Tahun 2020 Jenjang SMA dan SMK

SURABAYA — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur tahun 2020 akan diberlakukan sepenuhnya secara online dengan adanya situasi tanggap darurat COVID-19 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T. telah melakukan rapat dengan seluruh jajaran untuk menentukan jadwal pemberlakukan PPDB online beserta tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Peserta PPDB tahun 2020 harus melalui beberapa tahapan pendaftaran, seperti melakukan proses prapendaftaran. Pada proses ini, SMP calon peserta didik harus terlebih dahulu mengisi nilai rapor empat mata pelajaran inti yang diujian nasionalkan, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.

“SMP juga harus mengisi nilai rapor dari semester I hingga V secara daring melalui rapor.ppdbjatim.net,” ujar Wahyudi dalam keterangannya, Minggu (26/04/2020) seperti dikutip Antara.

Ada tahapan verifikasi nilai rapor secara online yang dijadwalkan pada 11 Mei sampai dengan 12 Juni 2020 melalui website ppdbjatim.net, dilanjutkan dengan pembetulan nilai rapor, jika ada kesalahan.

Selain pembetulan ini, peserta didik akan menentukan titik rumah secara daring pada 8-20 Juni 2020 yang verifikasinya akan dilakukan oleh operator SMA/SMK secara online.

Baca Juga :   Pendidikan Integral Hidayatullah Ngawi Gelar Seminar Parenting dengan Tema Membangun Imunitas Anak Terhadap Efek Negatif Gadget

Berikut Jadwal PPDB Jatim Tahun 2020 Jenjang SMA dan SMK:

Seperti dijelaskan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, ada lima jalur untuk PPDB SMA yaitu, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, Jalur Prestasi Perlombaan, Jalur Zonasi, dan Jalur Prestasi.

Sementara untuk jalur PPDB SMK antara lain, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, Jalur Prestasi Perlombaan, dan jalur Reguler. Ditegaskan bahwa untuk jenjang SMK tidak diberlakukan jalur Zonasi. (cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Kirim Komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom yang ditandai * harus diisi

fourteen − one =

Back to top button
Close