Kabar Ngawi

Ngawi Dalam Goresan

Sebuah karya seni memang identik dengan keunikan dan kreatifitas. Dari seni membuat produk, menggambar, membuat lukisan, dan sketsa seperti yang diunggah oleh salah satu putra Ngawi, Aris Dwi Nugroho.

Aris merupakan salah satu karyawan di perusahaan internasional yang karya – karyanya sudah luar biasa. Hampir setiap tempat yang ia datangi menjadi objek membuat sketsa dan diabadikan dibuku kecil miliknya yang setiap saat menemani.

Tidak hanya di dalam negeri, bahkan aktifitas seperti ini tatkala laki – laki yang besar di Cupo ini bepergian untuk menjalankan tugas maupun dalam rangka jalan – jalan di luar negeri, setiap tempat menjadi objek yang unik dan pantas untuk dijadikan sebuah sketsa.

Ngawi Dalam Goresan. Adalah gapura alun – alun ngawi yang kali ini menjadi objek sketsa Aris, seperti diunggah dalam akun instagram dan facebooknya. Selain gapura alun – alun Ngawi ini, Aris juga membuat sketsa tugu PDAM yang menjulang di Ngawi ini.

[quote]

Ciri khas pusat kota khususnya di tanah Jawa adalah adanya Alun-alun. Biasanya berupa lapangan berumput dan luas. Tempat warga melakukan aktivitas untuk bertemu, berkumpul, berolahraga, dsb. Seperti halnya pembagian zona di kota lain, sisi utara adalah Kantor Bupati atau kantor pemimpinan pemerintahan daerah. Sisi barat adalah pusat ibadah, dalam hal ini adalah Masjid Besar. Sisi selatan adalah penjara. Disisi timur terdapat bangunan-bangunan umum, bisa berupa sekolah, kantor, dsb.

Baca Juga :   Sugeng Riyanto Mengubah Pelepah Pisang Menjadi Lukisan yang Unik dan Keren

Dulunya gapura ini ditandai dengan sepasang meriam yang dipajang menghadap ke selatan. Semacam simbol yang akan melindungi warga Ngawi. Masyarakat Ngawi mengenalnya dengan “meriam kembar”, karena memang type dan spesifikasinya sama.

Beberapa tahun lalu dilakukan pemugaran. Meriam kembar diganti dengan gapura ini. Plus ada bundaran kecil di depan gapura dengan patung bambu ditengahnya. Konon kata Ngawi itu berasal dari “awi” atau “bambu”, karena jaman dahulu banyak pohon bambu yang tumbuh di daerah ini.

[/quote]

Itulah Caption yang ditulis oleh Aris dalam akun Facebooknya saat mengunggah gambar sketsa gapura alun – alun ngawi. Seperti yang kami telusuri, bahwa Aris juga mempunyai hobi membuat gambar – gambar unik untuk dipajang di ruang keluarga atau dinding – dinding ruangan, seperti yang dia unggah cara dan hasilnya di blog pribadi. Sepertinya memang Aris sangat menikmati waktu mudiknya ke Ngawi kali ini. (cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − three =

Back to top button
Close