Kabar Ngawi

Nikmati Suasana Syahdu Bercengkrama di Taman Dungus Ngawi

NGAWI — Pemerintah Kabupaten Ngawi kembali membuat satu area bersantai yang diberi nama Taman Dungus, terletak di timur jembatan Dungus, Desa Karangasri, Ngawi.

Area yang memang difungsikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini telah selesai dikerjakan dan pengelolaan selanjutnya akan dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ngawi.

Taman Dungus mengusung konsep Zona Lingkungan Sculpture (ZLS), yakni kawasan dengan karya patung atau tiga dimensi yang tentunya sarat akan bermacam tujuan. Terlihat ada patung petani bersama kerbau lengkap dengan bajak tradisional ada di tengah taman ini.

Adanya konsep sculpture ini melambangkan sebuah kesan atau ciri khas dari Ngawi khususnya sebagai salah satu lumbung padi nasional dengan kawasan sawah yang luas dan masyarakat yang bermatapencaharian sebagai petani.

Taman ini dibilang cukup apik dalam pembuatannya, ada suasana syahdu yang diciptakan sehingga bisa membuat nyaman sebagai tempat bersantai. Apalagi di malam hari, taman ini dilengkapi dengan lampu-lampu yang berpadu-padan menjadi harmoni. Taman Dungus Ngawi bisa menjadi tempat berwisata serta melepaskan penat dari rutinitas pekerjaan masyarakat Ngawi.

Baca Juga :   Bawaslu Ngawi Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Melalui Budaya Lokal Wayang Kulit


Selain difungsikan sebagai lokasi wisata, Taman Dungus Ngawi juga tetap memberikan fungsi ekologi, yang fungsi utamanya untuk meningkatkan udara bersih di Ngawi, termasuk menurunkan suhu kota. Lihat Lokasi di sini.

Di Taman Dungus ini juga ada sebuah prasasti yang berisi sengkalan berbahasa kawi yang berbunyi “Anggatra Bhumi Luhur Manembah” yang artinya Berbakti Luhur dalam Mengolah Tanah. Sengkalan ini digunakan karena diketahui bahwa di Ngawi 72 % lahan berupa sawah, hutan, dan perkebunan yang menyerap kurang lebih 76% tenaga kerja.

Meski secara resmi belum dibuka oleh pihak terkait, namun masyarakat Ngawi dan sekitarnya sudah ramai mengunjungi taman ini pagi, sore, dan malam hari. Bahkan, sudah ada lagu juga yang dibuat dengan judul Taman Dungus Ngawi. Nikmati Suasana Syahdu Bercengkrama di Taman Dungus Ngawi. (kn/cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − eight =

Back to top button
Close