19 Juni Tol Solo-Ngawi Siap Digunakan

19 Juni Tol Solo-Ngawi Siap Digunakan. Foto-SNJ


KARANGANYAR – Mendekati arus mudik lebaran tahun 2017, Ditlantas Polda Jawa Tengah, Polres Karanganyar, dan PT. Solo Ngawi Jaya (SNJ) melakukan peninjauan jalan tol ruas Solo-Ngawi, Sabtu (17/06/2017).

Kegiatan ini dilakukan untuk melihat kesiapan dan pengecekan jalur yang akan mulai dibuka pada 19 Juni 2017 mendatang. Selain meninjau jalur, rombongan ini juga melakukan pengecekan terhadap kelengkapan penunjang khususnya terkait armada pendukung seperti mobil derek, ambulans, dan mobil patroli jalan tol.

David Wijayanto, Direktur Utama SNJ menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga unit mobil derek, tiga unit mobil ambulans serta lima unit mobil patroli untuk menunjang arus mudik kali ini. Ia menerangkan dari 90 kilometer total panjang Tol Solo-Ngawi, 65 kilometernya siap dibuka sebagai jalur mudik lebaran tahun ini. Tol dibuka mulai dari Ngasem, Karanganyar, hingga Widodaren-Ngawi.

Seperti keterangannya yang telah disampaikan sebelumnya oleh SNJ terkait jadwal pembukaan jalan tol Solo-Ngawi, tol akan mulai dibuka bagi kendaraan roda empat kecil mulai 19-26 Juni 2017 dengan pemberlakukan satu arah menuju timur saat mudik dan sebaliknya saat arus balik (27 Juni-2 Juli 2017).

Tol akan dibuka setiap hari selama mudik dan balik mulai pukul 06:00 hingga pukul 17:00. Pemudik dari arah Semarang bisa masuk melalui pintu tol Ngasem (Karanganyar). Sedangkan pemudik dari arah Yogyakarta dapat memanfaatkan pintu masuk tol Klodran (Karanganyar).

Dalam penggunaan tol ruas Solo-Ngawi ini terdapat lima rest area yang bisa digunakan oleh para pemudik, yakni di kilometer 12, kilometer 21, kilometer 29, kilometer 46, dan kilometer 55. Bagi yang bermasalah dengan bahan bakarpun sudah diantisipasi oleh pihak SNJ bekerjasama dengan Pertamina di rest area kilometer 21 terdapat kios BBM.

Harapannya dengan dibukanya tol sebagai alternatif mudik ini bisa mengurai kemacetan yang terjadi setiap tahunnya dan memangkas waktu perjalanan dari Solo ke Ngawi. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest