Tips Mengawali Hari Senin dengan Bahagia

Hari Senin sering menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang, baik itu pelajar ataupun karyawan. Mereka seolah enggan bertemu dengan hari Senin, karena weekend yang dirasa sangat kurang. Tapi bagaimanapun hari Senin tetaplah ada dan harus dijalankan. Lalu gimana caranya supaya hari Senin itu bisa lebih menyenangkan?

Bangun lebih pagi

Bangunlah lebih pagi. Ini hari Senin bukan hari Sabtu atau Minggu. Jangan pernah menunda alarm Anda. Bangunlah segera setelah alarm berbunyi. Usahakan untuk tidak tidur terlalu malam, agar Anda bisa bangun lebih pagi. Ini akan membuat Anda lebih bersemangat dan tidak malas untuk menjalankan aktivitas. Bagi umat muslim bangun pagi wajib karena memang harus menunaikan ibadahnya. Maka dari itu bangun lebih pagi di hari Senin wajib hukumnya.

Berolahraga dan sarapan

Sedikit saja lakukan olahraga kecil, seperti jogging, pemanasan di halaman rumah dan sebagainya. Anda bisa melakukan ini sebelum bergegas untuk mandi dan siap berangkat beraktivitas. Jangan malas, olahraga tidak harus pergi ke tempat gym atau lari keliling lapangan kok.

Jangan lupakan juga sarapan. Beri tubuh Anda asupan yang bergizi di pagi hari. Selembar roti bakarnda, secangkir teh atau susu hangat, secangkir kopi manis akan membuat Anda lebih bergairah. Usahakan untuk tidak meninggalkan rumah dengan perut kosong. Konsentrasi Anda bergantung pada tubuh Anda yang sehat.

Cek keperluan Anda “LAGI”

Jika Minggu malam Anda sudah memeriksa keperluan atau kebutuhan kerja untuk hari Senin, maka lakukan lagi sebelum Anda berangkat ke kantor atau sekolah. Cek apakah semua kebutuhan sudah terpenuhi. Pastikan tidak ada yang terlewat, karena ini akan membuat Anda berantakan ketika ada satu hal penting yang Anda tinggalkan.

Melalui jalan yang berbeda

Bosan dengan jalan atau rute yang itu – itu saja? Cobalah untuk melalui rute yang berbeda. Sekalipun jarang Anda lalui dan terkesan sedikit memutar jauh. Biarkan Anda merasakan bagaimana suasana pagi yang berbeda. Tapi pastikan rute yang Anda lewati bebas dari kemacetan. Karena itu akan merusak mood Anda jika sampai terlambat pergi ke kantor atau sekolah.

Kurangi mengeluh

Hindari kata “aduh”. Mengeluh itu boleh, tapi tidak disaat – saat Anda ingin memulai hari yang lebih positif. Bersabar adalah kuncinya. Jangan terpancing emosi ketika Anda menemukan suatu hal yang tidak sesuai dengan isi hati. Kurangi mengeluh dan jalani saja apa yang ada di depan Anda. Ini akan membuat Anda jauh lebih positif dari sebelumnya.

Sapa orang yang Anda temui

Tidak perlu semua orang yang Anda temui dari rumah, di perjalanan dan sampai ke tempat tujuan. Yang terpenting adalah lakukan komunikasi secara hangat dengan orang di sekitar Anda, keluarga dan rekan kerja. Sapa mereka dengan hangat, tanyakan kabar mereka, dan ajak mereka mengobrol barang hanya 10 menit saja.

Rapikan meja kerja Anda

Jika Anda berfikir harus bekerja dengan tempat dan suasana yang nyaman, maka mulailah itu dari meja kerja Anda sendiri. Atur meja kerja Anda dan buat senyaman mungkin. Tata peralatan kantor yang berserakan, posisikan meja dan kursi dengan baik, dan juga buat suasana hati Anda lebih nyaman berada di depan meja kerja tersebut.

Jangan buka email dulu

Eitsss…. Jangan terburu – buru membuka email. Gunakan 10 menit waktu kerja di awal hari Anda dengan membuat diri Anda nyaman terlebih dahulu. Anda bisa membuka dan membaca buku bacaan, koran ataupun majalah. Ini juga bisa menambah wawasan Anda. Jangan membaca bacaan yang menyita fikiran atau fokus kerja Anda. Setelah merasa cukup, barulah mulai hari dengan to do list yang Anda miliki.

Duduk dan tersenyumlah

Memulai hari yang positif dimulai dari dalam diri kita sendiri. Jangan cemberut ataupun merenung. Sekalipun ada masalah yang sedang Anda hadapi, tetap tersenyumlah. Buka hari Anda dengan senyuman dan sejenak lupakan masalah yang sedang melanda diri kita. Ciptakan suasana yang positif agar kerja Anda selama 1 hari kedepan bisa berjalan dengan baik.

Bersyukurlah

Yang terakhir adalah bersyukur. Anda bisa saja melakukan semuanya sesuai dengan rencana dan merasa tidak ada hambatan sedikitpun. Tapi tahukah Anda jika itu tidak terlepas dari bantuan Sang Maha Pencipta. Bersyukurlah dalam segala hal yang dapat Anda lakukan dan Anda terima. Bersyukur akan membuat Anda merasakan damai di hati dan dalam menjalankan segenap aktivitas yang penuh 1 hari kedepan.

|MediaBisnis Online

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest