Kesehatan

5 Tips Memelihara Kesehatan Mental Saat Kondisi Pandemi COVID-19

NGAWI — Kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi di seluruh wilayah tanah air, tidak terkecuali kabupaten Ngawi tentu memberikan efek yang berbeda di lingkungan sosial, termasuk juga dalam kesehatan mental kita semua.

Seorang dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, dr. Lahargo Kembaren Sp.KJ memberikan beberapa tips yang dapat dipraktikkan oleh masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini.

Menurutnya, memerlihara kesehatan fisik itu penting, namun tidak kalah pentingnya juga memelihara kesehatan mental khususnya dalam terapi kecemasan terkait dengan informasi-informasi yang beredar.

Setidaknya, ada 5 tips khusus yang disampaikan oleh dr. Lahargo saat menjadi perwakilan dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional pada Jumat (01/05/2020) lalu, berikut selengkapnya,

  1. Membatasi informasi yang berlebihan agar tidak menambah kecemasan.
  2. Memilah informasi yang didapatkan dan melakukan pencegahan atau penanganan yang dianjurkan
  3. Menghindari perasaan yang tidak nyaman dengan melakukan hal positif, seperti menghindari merokok dan mengonsumsi alkohol
  4. Melakukan teknik keterampilan seperti relaksasi dengan menarik napas dalam
  5. Menciptakan suasana aman untuk anak dan remaja serta mengajak mereka untuk melakukan aktivitas yang produktif

Dalam penjelasannya, dr. Lahargo juga berpesan terhadap kesehatan jiwa anak dan remaja di lingkup keluarga. Pihaknya menyarankan kelompok umur ini untuk selalu terhubung dengan teman maupun saudara.

KampoengNgawi, dalam rubrik khusus konsultasi juga memiliki pakar Psikologi Edukasi yang bersedia untuk memberikan tips-tips menghadapi kondisi pandemi COVID-19 secara gratis. Anda bisa menyampaikan pertanyaan dengan mengirimkannya ke email redaksi@kampoengngawi.com dengan subyek Konsultasi Psikologi saat Pandemi COVID-19.

Tim redaksi akan melakukan publikasi atas jawaban yang disampaikan oleh pakar psikologi kami secara general dari pertanyaan-pertanyaan yang Anda sampaikan. (cse)

Baca Juga :   Beginilah Suasana Penyaluran BLT Dana Desa Tahap 2 di Pendopo Kecamatan Ngrambe
Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − two =

Back to top button
Close