Pendidikan

Dinas Pendidikan Segera Luncurkan Aplikasi Simpel untuk Pembelajaran Daring SD dan SMP di Ngawi

NGAWI — Kondisi pembelajaran masih belum ada kejelasan tentang tatap muka di masa pandemi COVID-19, Dinas Pendidikan kabupaten Ngawi membuat inovasi dengan menciptakan aplikasi Sistem Manajemen Pembelajaran.

Pembuatan aplikasi yang diberi nama Simpel tersebut melibatkan para tenaga pendidikan tingkat SD dan SMP di kabupaten Ngawi yang mumpuni dalam bidang Teknologi Informasi dengan tujuan memudahkan pengelolaan materi pembelajaran secara data jejaring (daring).

Kepala Dinas Pendidikan Ngawi, Drs. M. Taufiq Agus Susanto dalam keterangannya menyebutkan bahwa aplikasi Simple dibuat dalam rangka mengatasi kendala-kendala belajar mengajar di tengah kondisi pandemi saat ini.

Pihaknya menegaskan bahwa materi-materi dalam Aplikasi Simpel telah divalidasi oleh pengawas pendidikan sesuai kurikulum yang berlaku.

‚ÄúTahapan penyusunan dan validasi oleh pengawas diikuti dengan pelatihan atau sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut kepada guru SD dan SMP di Ngawi, serta pelatihan untuk admin,” terang Taufiq.

Setiap akun yang terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah, Admin Sekolah, Guru, dan Siswa harus terlebih dahulu terdaftar dalam sistem dan divalidasi oleh admin pusat untuk bisa menggunakan layanannya.

Baca Juga :   KKN COVID-19 UNS, Arum Membangun Ketangguhan Pribadi dan Sosial Siswa melalui Pembelajaran Daring

Akun-akun yang telah terdaftar dalam aplikasi dapat menikmati layanan aplikasi seperti Kegiatan Belajar Mengajar, Penilaian Digital, Kreativitas Guru, dan Perpustakaan Digital.

Rencananya, aplikasi ini akan diluncurkan secara resmi pada 4 Agustus 2020 mendatang oleh Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono. Akan ada agenda simulasi langsung belajar mengajar kepada para siswa di beberapa sekolah menggunakan aplikasi tersebut saat peluncuran. (cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − two =

Back to top button
Close