Wisata

Disparpora Jelaskan Tahapan Persiapan Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata di Kabupaten Ngawi

NGAWI — Obyek Wisata di kabupaten Ngawi dimungkinkan segera dibuka dalam waktu dekat dengan ketentuan atau standar yang diberlakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Ngawi.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Ngawi Totok Sugiharto, bahwasanya saat ini pihaknya telah mengajukan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) pembukaan kembali obyek wisata di kabupaten Ngawi kepada Bupati untuk mendapatkan persetujuan.

“Kita sudah membuat draft SOP New Normal untuk Disparpora dan sudah di ajukan ke Pak Bupati selaku ketua Tim Gugus COVID-19 untuk mendapatkan persetujuan,” ujar Totok.

Lebih lanjut, Totok menjelaskan bahwa mulai besok, Rabu (10/06/2020) akan dilaksanakan sosialisasi kepada para pelaku usaha pariwisata dalam menghadapi era new normal dengan menerapkan SOP yang saat ini telah disiapkan.

“Nanti setelah SOP sudah disetujui oleh Pak Bupati akan kita kirim ke semua pelaku usaha pariwisata untuk menjadi pedoman ketika nanti akan mulai membuka usahanya,” imbuhnya.

Setelah mereka siap, lanjut Totok, mereka boleh mengajukan secara tertulis untuk meminta izin memulai membuka usahanya dengan menerapkan SOP New Normal dan akan ditindaklanjuti pengecekan ke lokasi oleh Tim dari Dinas dan Gugus Tugas COVID-19.

Baca Juga :   Inilah Salah Satu Upaya Disparpora Ngawi dalam Pengembangan Pariwisata

“Pengecekan ke lokasi tersebut untuk melihat apakah mereka benar-benar sudah memenuhi persyaratan untuk membuka usahanya sesuai standar SOP New Normal, kalau sudah dicek dan mendapatkan persetujuan dari Tim maka baru boleh dibuka,” tegasnya.

Selama dua minggu sejak diberikan izin membuka usaha wisata, evaluasi akan dilakukan oleh tim Disparpora bersama Gugus Tugas untuk memastikan apakah mereka benar-benar menerapkan SOP New Normal.

“Kita akan melakukan teguran apabila SOP new normal tidak dijalankan dan bisa sampai memberikan sanksi penutupan kembali,” pungkas Totok.

Sebagaimana disampaikan oleh Bupati Ngawi, bahwa New Normal bukan berarti kabupaten Ngawi sudah bebas dari pandemi. Pihaknya mengingatkan bahwa semua harus disiplin mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak. (aro/cse)

Tags
Show More

Ariyanto

Kontributor KampoengNgawi. Seorang pemerhati wisata, suka jalan-jalan, suka berteman, dan aktif di media sosial mengabarkan info wisata di Ngawi. Kirim tulisan ke redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

Back to top button
Close