HukumKabar Ngawi

DPRD Ngawi Hadirkan Panitia dan Perangkat Desa Warukkalong dalam Rapat Dengar Pendapat Terkait Isu Kecurangan Seleksi Perangkat Desa

NGAWI — Terkait adanya isu kecurangan yang akhir-akhir ini muncul di desa Warukkalong dalam hal pelaksanaan seleksi perangkat desa, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menghadirkan pihak-pihak terkait dalam Rapat Dengar Pendapat, Senin (27/07/2020).

Dalam rapat tersebut, Ketua Panitia, Kepala Desa, dan beberapa perangkat desa Warukkalong kecamatan Kwadungan hadir dan menyampaikan berbagai tahapan serta prosedur dalam seleksi penerimaan calon perangkat desa yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut.

Dewan melakukan kroscek kepada panitia terkait semua prosedur yang diselenggarakan mulai tahapan awal hingga akhir pelaksanaan seleksi. Hasilnya, dewan menilai bahwa seluruh rangkaian atau tahapan telah dilalui dan sesuai prosedur.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Ngawi Heru Kusnindar menyampaikan bahwa sistem CAT dengan mengadopsi seleksi CPNS sangat bagus diterapkan untuk meminimalisir adanya kecurangan dalam pelaksanaan seleksi. Pihaknya menyarankan kepada peserta yang masih protes, bisa menempuh jalur hukum.

“Saya melihat kok tidak ada (kecurangan), dugaan-dugaan yang seperti itu menurut saya tipis. Tapi ketika memang itu terjadi ya kembali lagi, saya sendiri tidak tahu,” ujar Heru.

Baca Juga :   Sejumlah Peserta yang Tidak Terima Hasil Seleksi Unjuk Rasa Saat Perangkat Desa Terpilih Dilantik

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sepanjang yang dipaparkan oleh Ketua Panitia dan Kepala Desa, menurutnya tidak ada indikasi yang mengarah ke kecurangan.

Ia juga menyebutkan bahwa idealnya para peserta dihadirkan, namun demikian akan dijadwalkan di lain waktu agar lebih fair dan ada keterangan dari kedua belah pihak.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam satu minggu sejak pelaksanaan ujian, sejumlah peserta yang tidak puas dengan hasil ujian melakukan protes ke pihak desa juga sampai ke kecamatan agar difasilitasi dengan panitia terkait proses yang dinilai tidak transparan. (cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =

Back to top button
Close