Pendidikan

Siswa-Siswi SD Terbaik Kecamatan di Ngawi Ikuti Seleksi Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Tahun 2020

NGAWI — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Drs. M. Taufiq Agus Sudanto membuka Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten (KSN-K) jenjang Sekolah Dasar, Kamis (12/03/2020) bertempat di SDN Karangtengah 4 Ngawi.

Kegiatan ini diikuti oleh 114 siswa terbaik dari 19 kecamatan di kabupaten Ngawi yang merupakan Juara 1,2,3 tingkat kecamatan untuk mata pelajaran IPA dan Matematika.

Dalam sambutannya, Taufiq menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan ajang berkompetusi secara sehat, masing-masing peserta harus terus belajar meningkatkan kompetensi dengan teman sebaya di luar mereka.

“Kompetisi ini diharapkn bisa mendorong semangat siswa untuk berprestasi. Yang menang 1,2,3 akan maju ke provinsi mewakili kabupaten Ngawi,” ujarnya.

Lebih lanjut Taufiq menyampaikan bahqa anak-anak yang telah diberi bekal oleh para guru di sekolah hendaknya juga mencari sumber dari perpustakaan.

“Sejak kecil harus gemar baca buku untuk meningkatkn wawasan pengetahuan sebagai bekal bersaing,” imbuhnya.

Siswa-Siswi SD Terbaik Kecamatan di Ngawi Ikuti Seleksi Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Tahun 2020. Diketahui bahwa kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional secara berjenjang.

Baca Juga :   Suasana Gowes Pencanangan Hari Bersepeda Nasional di Ngawi

Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan, sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Adapun tema KSN-SD tahun 2020 ini adalah Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan. Soal yang digunakan dalam seleksi merupakan naskah yang disusun tim pusat.

Sesuai petunjuk nasional, soal-soal ini dikerjakan dengan waktu 60 menit dengan kisi-kisi materi kelas IV, V, dan VI ditambah dengan soal pengembangan, serta memuat maksimal 25% soal berbahasa Inggris. Matematika terdiri dari 20 soal isian singkat, IPA terdiri dari 30 soal pilihan ganda. (sha/cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

Back to top button
Close