Kali Alas Ketonggo Ngawi

Eyang Srigati adalah Priyagung, seorang begawan dari Benua Hindia yang datang ketanah jawa. Beliaulah yang menurunkan kerajaan – kerajaan di Indonesia mulai dari Pajajaran, Majapahit, Mataram dan seterusnya. Semua kisah Spiritual tertuang di Punden Srigati yang terdapat di desa Babatan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi.

Alas Srigati ataupun dikenal dengan sebutan Alas Ketonggo merupakan tempat yang bersejarah sesuai dari uraian legendanya. Dengan adanya daya tarik tersendiri itulah seperti biasanya pada saat 1 Muharam atau pergantian malam bulan hijriyah selalu dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah.

Selain daya tarik spiritual, ada hal yang bisa menyejukkan mata dan menyegarkan jiwa serta raga kita. Kali Alas Ketonggo Ngawi , sebuah suguhan yang sepatutnya kita syukuri dengan menikmati dan menjaganya dari kejahilan, kita manfaatkan sebagai tempat wisata yang memberikan edukasi serta explorasi alam.

Kali Alas Ketonggo Ngawi ini terletak di areal alas ketonggo yang luasnya 4.846 meter persegi, terletak 12 kilometer arah selatan Kota Ngawi, Jawa Timur. Kali Alas Ketonggo Ngawi , konon ceritanya juga menjadi salah satu dari 10 tempat “khusus” yang dijadikan para pencari “ilmu” melakukan meditasi spiritualnya.

Namun menikmati segarnya air Kali Tempur Sedalem , sebutan yang biasa digunakan masyarakat setempat adalah sebuah kasyikan tersendiri bagi kita. Selamat mencoba kesegaran Kali Alas Ketonggo Ngawi. (cse)

Foto by : AdityaSquid

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com