EkonomiPendidikan

Gandeng Pembudidaya Jamur Tiram dan Pengrajin Anyaman, Mahasiswa KKN Unesa Ciptakan Ikino Nugget

NGAWI — Desa Simo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi memiliki potensi alam yang melimpah, salah satu di antaranya adalah jamur tiram. Selama ini, para petani jamur di Desa Simo menjual jamur tiram sebagai bahan mentah kepada para pedagang sayur.

Mahasiswa tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) gelombang IV kelompok 2B melihat adanya potensi untuk menaikkan nilai jual produk jamur tiram, yaitu dengan mengubahnya menjadi bahan pangan olahan berupa nugget.

Untuk mewujudkannya, Eka Dyah Ayu, mahasiswa Fakultas Ekonomi yang juga merupakan sekretaris kelompok KKN Unesa tersebut mengadakan mengundang ibu-ibu penggerak PKK dan memberikan pelatihan pembuatan nugget jamur, Jumat (21/08/2020) lalu.

“Tujuan diadakan pelatihan tersebut sebagai pengembangan potensi produk jamur tiram di desa Simo,” ujarnya kepada redaksi.

Lebih lanjut, Eka menjelaskan bahwanya dia bersama ibu-ibu peserta pelatihan sepakat memberi nama olahan jamur tiram tersebut dengan brand Ikino Nugget.

Dok. Tim KKN Unesa

Eka juga memberi contoh design kemasan dan stiker merk pada pelatihan tersebut. Design kemasan luar sengaja menggunakan anyaman bambu sebagai bentuk kerjasama dengan pengrajin anyaman bambu yang banyak ditemui juga di desa Simo.

Baca Juga :   KKN Mandiri Saat Pandemi, Mahasiswa UNS Ini Membantu Pembuatan Soal Online PAT dan Formulir Online PPDB

“Kami sengaja menggandeng mereka untuk membuat bungkus luar Ikino Nugget agar anyaman bambu tidak hanya dijual sebagai gedhek (anyaman bambu),” imbuhnya.

Dalam kesempatan pelatihan tersebut, Eka berharap semoga Ikino Nugget dapat menjadi produk unggulan dari desa Simo. Diketahui bahwa mahasiswa dari Unesa tersebut menyelenggarakan KKN di desa Simo sejak 1 Agustus 2020 dan berakhir pada 31 Agustus 2020.

Selain pelatihan pengolahan jamu tiram, para mahasiswa ini juga menyampaikan sosialisasi edaran Kementerian Kesehatan terkait Aktivitas Fisik di masa Pandemi Covid-19 Bagi Orang dengan Faktor Risiko PTM (Penyakit Tidak Menular).

Tim KKN Unesa Gelombang IV Kelompok 2B yang diketuai oleh Shofyan Ali tersebut juga bersinergi dengan pemerintah desa dalam menjalankan program Kampung Tangguh Semeru di desa Simo. (*/kn)

Tags
Show More

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =

Back to top button
Close