Kabar Ngawi

Tips Mudik Aman dan Tidak Membosankan

NGAWI — Mudik memang sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan bagi para perantau untuk bisa kembali ke daerahnya atau kampungnya masing-masing saat lebaran tiba.

Seperti halnya tahun 2018 ini, libur yang lebih awal dari hari Lebaran memberikan waktu yang lebih leluasa bagi para pemudik untuk mengatur jadwal kepulangan mereka dari lokasi aktivitas sehari-hari dalam bekerja seperti Jakarta, Surabaya, luar jawa, maupun luar negeri.

Kebanyakan, bagi para pemudik yang berkeluarga dan mempunyai cukup dana untuk membawa kendaraan pribadi akan memilih untuk mudik menggunakan mobil. Hal ini dilakukan selain bisa cukup menghemat ongkos perjalanan, juga di kampung bisa digunakan sebagai moda transportasi kemanapun mereka akan pergi.

Berikut ini adalah tips mudik aman dan tentunya tidak membosankan dari redaksi KampoengNgawi.

TIPS AMAN MEMBAWA MOBIL:

  1. Perhatikan Kondisi Mesin dan Ban

    Ban gundul sebaiknya tidak dipaksakan. Perhatikan usia penggunaan ban, meskipun kembangnya masih kelihatan bagus tapi kalau umur ban jangan lebih dari empat tahun. Selain itu ban vulkanisir jika dilajukan dengan kecepatan tinggi hingga 120 kilometer per jam, akan panas lalu akhirnya meledak.

  2. Faktor Rem dan Sistem Kemudi
  3. Tidak memaksakan kendaraan City Car untuk jarak jauh karena tidak sesuai desain.
  4. Istirahat minimal 15 menit setelah 4 jam mengemudi agar kondisi tetap bisa terkendali.
Baca Juga :   Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 H

TIPS BEBAS BOSAN:

  1. Ngobrol santai dengan antar penumpang
  2. Penumpang bisa pantau berita terkini
  3. Membuat permainan dengan penumpang lainnya
  4. Makan makanan ringan
  5. Istirahat/Tidur seperlunya

Tips Mudik Aman dan Tidak Membosankan ini juga sangat bisa diberlakukan untuk perjalanan balik Anda ke tempat aktivitas semula usai menikmati lebaran di kampung halaman. Selamat mudik, semoga selalu nyaman dan selamat sampai tujuan. (kn/cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Kirim Komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom yang ditandai * harus diisi

12 − three =

Back to top button
Close