Teknologi

Berbagai Hal yang Bisa Kita Lakukan dengan WhatsApp Saat Pandemi COVID-19

Hampir semua masyarakat di Indonesia menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp untuk aktivitas seharihari dalam berkomunikasi bersama keluarga, teman, rekan kerja, dan semua orang.

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, pastinya kita sama-sama bisa terhubung untuk hal-hal yang bisa saling berbagi semangat, berbagi informasi, dan hal-hal lainnya yang positif untuk kita bisa menghadapi situasi saat ini.

Seperti disebutkan dalam laman resmi Whatsapp, kita bisa menggunakan WhatsApp untuk menjaga teman dan keluarga, memperoleh informasi kesehatan resmi terbaru, dan membagikan informasi secara bertanggung jawab.

Apa yang bisa kita lakukan dengan WhatsApp?

Selalu Terhubung : kita bisa menggunakan berbagai fitur dari aplikasi ini untuk selalu terhubung dengan keluarga, memberikan dukungan, serta melakukan hal-hal lainnya dengan grup, panggilan suara, dan panggilan video.

Memilih Sumber Informasi Terpercaya : Pastikan kita bisa memilih sumber informasi yang tepercaya, seperti nomor resmi dari pemerintah daerah, provinsi, nasional, bahkan internasional. Sumber terpercaya memberikan kita informasi yang tepat, tentu terkait perkembangan terkini dari pandemi COVID-19.

Baca Juga :   WhatsApp Akan Hadir untuk PC?

Membantu STOP Hoax : Jika kita sudah terhubung dengan sumber-sumber informasi terpercaya, alangkah bijak jika kita juga melakukan penyaringan isi pesan yang kita terima, apakah informasi tersebut akurat atau hanya sekedar berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Cek informasi, apabila punya referensi terpercaya, sangkal dengan informasi fakta. Apabila kita tidak yakin kebenaran pesan itu, STOP di kita, JANGAN teruskan.

Dalam berbagai segmen, WhatsApp menjadikan salah satu alternatif berkomunikasi efektif untuk tetap terhubung dengan satu komunitas, satu organisasi, seperti tenaga kesehatan, pelajar, tenaga kependidikan, pelaku usaha, dan lainnya agar tetap bisa berkarya dan produktif.

Banyak contoh dengan menggunakan aplikasi Whatsapp secara bijak kita mampu bersama-sama melawan COVID-19. Seperti di Pakistan, ada sebuah grup WhatsApp yang digunakan untuk mengumpulkan donasi membantu warga, demikian pula banyak terjadi di Indonesia.

Dalam dunia kesehatan, sebagai contoh para tenaga medis di Paris membuat grup WhatsApp untuk mendapatkan informasi terkini mengenai daya tampung rumah sakit. Dan seperti di Indonesia juga bisa mendapatkan informasi radar corona di sekitar kita.

Baca Juga :   WhatsApp Akan Hadir untuk PC?

Sebagian lain sebuah organisasi menggunakan WhatsApp sebagai media untuk melakukan musyawarah, diskusi, belajar bersama, sharing, serta pembelajaran lainnya. Lalu, apakah kita hanya menggunakan fitur-fitur di Whatsapp ini untuk hal-hal yang tidak berguna selama pandemi COVID-19 ini?

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Kirim Komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom yang ditandai * harus diisi

six − 3 =

Back to top button
Close