Seni Budaya

Gunarto Gondrong Sukses Sajikan Pentas The Works

JAKARTA – Gunarto Gondrong musisi gamelan kenamaan asal Ngawi ini kembali tampilkan kepiawaian olah seni musiknya di Galeri Indonesia Kaya, Minggu (07/05/2017) kemarin.

Gunarto Gondrong Sukses Sajikan Pentas The Works. Bersama dengan team musisi bertalenta lainnya, Lulusan Pasca Sarjana dari ISI Surakarta dalam Studi Penciptaan Seni yang menemukan kecintaannya terhadap musik kontemporer tepatnya tahun 1993 ini sukses menggarap sajian kreatif gamelan The Works.

The Works sendiri adalah model penggarapan teknik dan idiom tradisi lokal (gamelan Jawa) dikembangkan dan dijadikan pijakan dalam menyusun bagian-bagian tema (lagu). Penggarapan instrumen dari berbagai kultur secara kolaboratif dimaksudkan untuk menghasilkan warna musik yang baru, mengawinkan berbagai instrumen musik dunia (Barat dan Asia).

Bagi komposer, orientasi karya musik ini merupakan hasil eksplorasi untuk menemukan genre musik baru, yang dibangun dari berbagai elemen musik yang sudah ada, baik dari referensi eksternal maupun internal dalam bingkai kreativitas kekinian.

Sejauh ini Gondrong telah banyak tampil baik di Indonesia maupun di luar negeri seperti World Gamelan Festival (Terengganu Malaysia), Weimar Culturstad (Jerman), Sapporo Music Festival (Jepang), IGFA – Indonesia Gamelan Festival Amsterdam (Belanda), Workshop – Theater Works (Amerika), Spoleto Festival Dei2 Mondi (Italia), Dreaming Lear (Sota Drama Singapura), Compostella 2000 Milenium Festival (Santiago Spanyol), Lear Dreaming (Teatre De La Ville Paris), dan awal tahun 2017 menggelar pentas kolaborasi dengan seniman India dan Inggris dengan tajuk “Ghost Gamelan” (London-Inggris).

Baca Juga :   Proliman Joyo - Denny Caknan, Gede Egomu Sing Ngambyarke Kabeh Impian

Bukan hanya itu, dia juga sempat mengajar di Riverside University, California (Amerika) tahun 2016 lalu. Tentunya aktifitas seniman asli Ngawi yang luar biasa ini mampu membuat kita berbangga dan menginspirasi untuk berkarya. (ske/ern)

Tags
Show More

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − twelve =

Back to top button
Close