Kabar Desa

Ony Anwar : Sebisa Mungkin Rekrutmen Calon Perangkat Desa Harus Transparan

NGAWI — Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar merespon adanya kasus rekrutmen calon perangkat desa di desa Warukkalong, kecamatan Kwadungan yang disinyalir ada ketidakberesan dalam prosesnya.

Ony Anwar mengaku bahwa pihaknya sudah mengetahui adanya kasus yang terjadi bahwa peserta rekrutmen calon perangkat desa melakukan protes terhadap panitia karena adanya indikasi kecurangan atau ketidakjelasan dalam proses seleksi.

Diketahui bahwa pada Minggu lalu, 17 dan 18 Juli 2020 telah diselenggarakan proses seleksi calon perangkat desa di desa Warukkalong dengan Computerized Base Test (CBT). Namun demikian, hasil yang disampaikan panitia tidak diterima oleh para peserta.

Para peserta meminta pihak panitia dan desa untuk membuka informasi dengan sejelas-jelasnya namun masih belum ada keterangan lebih lanjut sehingga peserta pun menyampaikan aduan tersebut hingga ke tingkat kecamatan.

Menurut Ony, karena Warukkalong pemilihannya berbasis komputer, seharusnya hal tersebutbisa menjadi contoh bagi desa lain. Apabila dalam mekanismenya memang terjadi bentuk ketidaknetralan, komunikasi akan difasiltasi karena menyangkut martabat dinas yang mengampu.

Baca Juga :   Ardhika, Siswa SMP 2 Kwadungan Tunjukkan Kebolehannya dalam Lomba TIK Tingkat Jatim

“Sebisa mungkin profesional, apapun yang menjadi kendala dalam fasiitasi pemilihan perangkat melalui komputer, harus sebisa mungkin secara transparansi, akuntabilitas, dan harus bisa dipertanggungjawabkan,” tegas Ony dalam keterangannya kepada media.

Menurutnya, panitia bisa memberikan informasi kepada masyarakat khususnya peserta. Apabila desa memang terbukti melakukan tindakan yang tidak benar akan diproses sesuau prosedur. Karena harapannya setiap rekrutmen harus mendapatkan perangkat desa yang mempunyai kapabilitas. (cse)

Tags
Show More

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

Back to top button
Close