Kabar Ngawi

Yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung Ke Ngawi

Kabupaten Ngawi adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Ngawi. Kota kabupaten ini terletak di bagian barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Kata Ngawi berasal dari berasal dari kata “awi” yang selanjutnya mendapat tambahan huruf sengau “ng” menjadi “ngawi”, bahasa Sanskerta yang berarti bambu.

Dulu Ngawi banyak terdapat pohon bambu. Seperti halnya dengan nama-nama di daerah-daerah lain yang banyak sekali nama-nama tempat (desa) yang di kaitkan dengan nama tumbuh-tumbuhan. Seperti Ngawi menunjukkan suatu tempat yang di sekitar pinggir Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang banyak ditumbuhi bambu. Apabila diperhatikan, di Indonesia khususnya jawa, banyak sekali nama-nama tempat (desa) yang dikaitkan dengan flora, seperti : Ciawi, Waringin Pitu, Pelem, Pakis, Manggis dan lain-lain.

Secara geografis Kabupaten Ngawi terletak pada posisi 7° 21’ – 7° 31’ Lintang Selatan dan 110° 10’ – 111° 40’ Bujur Timur. Topografi wilayah ini adalah berupa dataran tinggi dan tanah datar. Tercatat 4 kecamatan terletak pada dataran tinggi yaitu Sine, Ngrambe, Jogorogo dan Kendal yang terletak di kaki Gunung Lawu.

Baca Juga :   Asidewi Ngawi Bahas Strategi Percepatan Pembangunan Wisata Ngawi

Jika sempat berkunjung atau mampir ke Ngawi, kami haturkan Sugeng Rawuh, Yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung Ke Ngawi adalah hal – hal berikut ini :

  1. Jika dari arah barat (Sragen/Solo/Jogja) , silakan mampir di Taman Monumen Soerjo
  2. Mampir melihat lokasi bukti pra-sejarah tertua di bumi ini, di Museum Trinil
  3. Berkunjung ke Masjid Agung Ngawi yang megah
  4. Berfoto – foto dan menikmati keindahan Benteng Pendem
  5. Mencicipi Kuliner Ngawi, Pecel Dr. Seotomo, Tepo Tahu, Cemue, dan lain – lain
  6. Sedikit keselatan, menikmati udara segar di Jamus
  7. Berpetualang di lereng gunung lawu, melihat Rumah Batu Hargodumilah, menikmati keindahan Watu Jonggol
  8. Mengheningkan cipta berkunjung ke Rumah DR. Rajiman Wedyodiningrat

Dan masih banyak tempat – tempat yang harus dikunjungi saat ke Ngawi, Yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung Ke Ngawi, seperti 19 spot wisata Ngawi yang kami rangkum sebelumnya.

Jangan lupa pula membeli oleh – oleh khas Ngawi, Kripik Tempe, Batik Ngawi, Geti Ngawi, Kerajinan Jati, Tas Anyaman kualitas ekspor dari Ngawi, dan Juga Merchandize Ngawi.

Baca Juga :   Situs Peninggalan Sejarah Reco (Arca) Banteng
Tags
Show More

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 15 =

Back to top button
Close