Fasilitas Waduk Pondok Manjakan Wisatawan

Waduk Pondok Ngawi dengan Perahunya. Foto-Friliya


Waduk Pondok mulai dibangun sekitar tahun 1992-1997. Saya masih ingat pertama ke sana tahun 1998, masih TK waktu itu. Ada banyak pohon kelapa waktu itu, sekarang sudah tidak ada, entah faktor dari air waduk yang meluber atau karena kontur tanah yang sudah berbeda.

Tujuan didirikan Waduk Pondok sebenarnya untuk mengairi tiga kecamatan (Bringin, Padas, dan Pangkur). Ternyata lebih dari itu, ramai dikunjungi para wisatawan, dijadikan tempat pemancingan plus wisata kuliner. Tak ingin kalah sayapun pernah merasakan Gurami bakar di salah satu warung yang berada di sekitar area Waduk Pondok, rasanya bisa bersaing dengan olahan restauran.

Tepatnya di Desa Dero, kec. Bringin, kab. Ngawi, Jawa Timur Waduk Pondok ini berada. Dari jalan raya Caruban-Ngawi, perempatan Kedung Prahu (pasar Kedung Prahu) ke utara sekitar 4 km, kalau diperkirakan jarak Waduk Pondok dari Pusat kota Ngawi ada 16 km. Untuk para wisatawan bisa naik ojek dari perempatan Kedung Prahu.

Waduk Pondok akan sangat ramai dikunjungi saat Ramadhan. Sehabis sahur biasanya, sekedar main petasan sambil menunggu subuh atau menyaksikan sunrise. Ramadhan kemarin saya jadi salah satu pengunjung hunting sunrise di Waduk Pondok. Tidak ada HTM (Harga Tiket masuk), kalau ingin naik perahu hanya membayar 4.000 rupiah saja.

Fasilitas Waduk Pondok Manjakan Wisatawan. Ada juga tempat yang sengaja disewakan untuk mancing ikan Warung Apung (warung yang mengapung di tengah waduk). Menuju warung apung kita harus menarik rakit, hanya perlu sedikit tenaga untuk menariknya, tidak terlalu berat. Biaya untuk sekedar duduk menikmati waduk di warung apung 5.000 rupiah tanpa dibatasi waktu. Kita juga bisa menikmati kuliner khas desa Dero di Warung Apung, karena selain menjadi tempat pemancingan, warung tersebut juga menyediakan beberapa menu yang dapat memanjakan lidah para wisatawan.

Akhir – akhir ini Waduk Pondok menjadi viral di social media karena postingan foto pak Bupati (Ir.Budi Sulistyono) yang sedang mengendarai Jetski. Foto tersebut sempat menjadi Baliho di perempatan besar Kartonyono guna promosi pariwisata. Tak mahal untuk berkunjung ke tempat ini sebenarnya,tapi mungkin karena akses yang lumayan jauh dari pusat kota, pengunjung Waduk sampai saat ini kebanyakan dari pemuda atau pemudi daerah setempat, termasuk saya.

Suasana Memancing Nyaman Bersama Keluarga - Foto (Alfa)

Suasana Memancing Nyaman Bersama Keluarga – Foto (Alfa)

Wilayah kerja saya di Bringin, kapanpun ingin berkunjung saya bisa langsung ke sana tanpa pertimbangan jarak. Banyak teman-teman saya dari luar daerah. Apabila mereka berkunjung ke Ngawi saya berusaha menyempatkan mengajak mereka berkunjung ke Waduk Pondok. Kalau digarap dengan serius, sebenarnya Waduk Pondok bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi pariwisata di Ngawi. Fungsi utama sebagai bendungan, namun banyak mempunyai fungsi lain. Ada gazebo di beberapa titik, masih di area Waduk, difungsikan untuk sekedar duduk menikmati alam Dero, pernah saya beserta rombongan Teater Magnit Ngawi memanfaatkan area tersebut untuk latihan teater dan upacara Hari Kemerdekaan RI. Terdapat pula lapangan, sesekali saya melihat digunakan untuk latihan pramuka.

Karena alam yang masih bagus, jauh dari polusi dan terdapat beberapa tebing, tak jarang lokasi Waduk Pondok juga dimanfaatkan untuk penjelajahan Pramuka, tebing biasa digunakan untuk latihan refling, pemanasan untuk mereka yang hendak naik gunung. Sebenarnya di Bringin banyak potensi pariwisata yang dapat dimaksimalkan seperti contoh Waduk Pondok ini, juga masih ada Waduk Sangiran (Ds. Sumber Bening, Kec.Bringin, Kab. Ngawi), Goa Lowo masih di sekitar area Waduk Pondok,Bukit Kapur,wisata kuliner, wisata alam. Waduk Pondok juga dijadikan spot untuk para Fotografer yang hunting foto keren.

Kontributor : Friliya Aika
Foto : Waduk Pondok Ngawi dengan Perahunya oleh Friliya Aika
Editor : KampoengNgawi

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com